Senin 05 Mar 2012 06:20 WIB

Raup 64 Persen Suara, Putin Menang Mutlak

Vladimir Putin
Foto: AP Photo/RIA Novosti
Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW - Calon presiden Rusia Vladimir Putin meraih 64,39 persen suara, setelah separuh kertas suara dihitung, demikian keterangan Komisi Pemilihan Umum Pusat Rusia, Senin (5/3).

Penghitungan resmi paling akhir tersebut yang disiarkan di jejaring CEC (Central Elections Commission) memperlihatkan Putin jauh berada di depan, sementara tak satu pun dari empat calon lain mengumpulkan lebih dari 20 persen suara.

Pemimpin partai Komunis Gennady Zyuganov mengantungi 17, 14 persen suara, sementara calon independen Mikhail Prokhorov meraih 6,97 persen, demikian laporan  Senin pagi.

Sebanyak 6,70 persen suara mengalir ke pemimpin Liberal Demokrat Vladimir Zhirinovsky dan 3,73 persen suara diperoleh oleh pemimpin Rusia Yang Adil Sergei Mironov.

Sebelumnya, jajak pendapat di luar pemungutan suara memperlihatkan Putin bisa memperoleh 58,3 persen suara dalam pemungutan suara Ahad (4/3).

Putin, Ahad, mengumumkan ia telah menang dalam pemilihan umum tersebut di Lapangan Manezh, tempat sebanyak 100.000 pendukungnya merayakan kemenangan Putin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement