Senin 05 Mar 2012 07:51 WIB

Penjara di Yaman Rusuh, 10 Luka

Penjara Al-Mansoura di Yaman
Foto: gmic
Penjara Al-Mansoura di Yaman

REPUBLIKA.CO.ID, ADEN - Sedikitnya 10 tahanan cedera Ahad malam (4/3), dalam kerusuhan penjara di kota pelabuhan Yaman Selatan, Aden, kata seorang pejabat keamanan.

Pasukan keamanan dari satuan anti-huru-hara berusaha membubarkan kerumunan tahanan di penjara pusat Al-Mansoura di Aden dengan menembakkan peluru aktif dan gas air mata, sehingga sedikitnya 10 tahanan cedera, kata pejabat itu --yang tak ingin disebutkan namanya.

Semua tahanan tersebut berusaha menjebol penjara dengan menyerang penjaga dengan menggunakan batu dan benda keras, kata pejabat itu.

Pasukan polisi anti-huru-hara berusaha meredakan keadaan dan kendaraan-berat lapis baja belakangan dikerahkan ke daerah tersebut, katanya.

Sebagian besar tahanan yang melancarkan protes telah dipenjarakan karena diduga memiliki hubungan dengan kelompok Al-Qaeda dan melancarkan serangan terhadap instalasi umum, kata pejabat itu sebagaimana dilaporkan Xinhua, Senin (5/3) pagi.

Pada Desember 2011, 15 tersangka anggota Al-Qaeda melarikan diri dari satu penjara Al-Mansoura dengan menggali terowongan sepanjang enam meter di bagian barat penjara tersebut.

Pasukan pemerintah Yaman telah memerangi ratusan gerilyawan Al-Qaeda di Jazirah Arab (AQAP), yang telah menguasai beberapa kota besar di provinsi yang bertetangga, Abyan dan Shabwa, pada Mei 2011.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement