Rabu 07 Mar 2012 12:06 WIB

Iran Perluas Hubungan dengan Belarus

Ali Akbar Salehi
Foto: AP/Keystone, Jean-Christophe Bott
Ali Akbar Salehi

REPUBLIKA.CO.ID, MINSK -- Menteri Luar Negeri Iran, Ali Akbar Salehi, menyatakan Iran siap untuk memperluas hubungan dengan Belarusia. Ali Akbar melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Belarus, Sergei Martinev, di Minsk pada Selasa waktu setempat.

Iran dan Belarus merupakan negara anggota Gerakan Non-Blok (GNB). Dalam pertemuan tersebut, Salehi mengatakan bahwa semua negara GNB harus mengadakan konsultasi lebih lanjut tentang isu-isu regional dan internasional. Dia menguraikan situasi geopolitik dan status khusus Iran dan Belarus.

''Iran dan Belarusia berpotensi tinggi untuk mengembangkan kerja sama ekonomi,'' katanya. ''Republik Islam Iran bersedia membuka babak baru dalam hubungan dengan Belarus dan memperluas kerja sama ekonomi.''

Sementara, Martinev menyatakan minat negaranya dalam perluasan kerja sama ekonomi dengan Iran. Dia berharap kunjungan delegasi Iran ke Minsk akan membuka halaman baru dalam hubungan kedua negara sahabat itu.

''Kedua negara menikmati hubungan yang komprehensif dan saling melengkapi satu sama lain. Oleh karena itu, perluasan hubungan ini akan membantu memperkuat perdamaian dan stabilitas wilayah sejalan dengan kepentingan nasional kedua negara,'' ujarnya.

sumber : Antara/Irna-Oana

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement