Rabu 07 Mar 2012 21:37 WIB

Kamboja Bakal Giring Korut ke Perundingan

Lokasi Nuklir Korut
Lokasi Nuklir Korut

REPUBLIKA.CO.ID, PHNOM PENH -- Kamboja sebagai ketua Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) tahun ini berkomitmen untuk melobi Republik Demokratik Rakyat Korea (DPRK-Korut). Pihaknya mencoba menggiring Korut kembali ke perundingan enam negara untuk mengakhiri program nuklirnya, kata seorang diplomat Kamboja. Selasa (6/3).

"Sebagai ketua ASEAN, kami akan melakukan yang terbaik untuk melobi Korea Utara untuk melanjutkan perundingan enam negara guna mengakhiri pengujian senjata nuklir dengan imbalan bantuan pangan dari Amerika Serikat," kata Long Visalo, menteri luar negeri Kamboja, seperti diberitakan Xinhua dan dipantau Antara, Rabu (7/3).

Perundingan enam negara dimulai pada Agustus 2003 sebagai forum yang fokus pada program nuklir Korea Utara dan dihentikan pada April 2009. Saat itu, DPRK mengumumkan mereka akan tidak lagi mengambil bagian dalam pembicaraan sebagai reaksi kecaman internasional atas uji rudal jarak jauhnya.

Negara-negara yang terlibat langsung dalam perundingan enam negara adalah Korea Selatan, DPRK, Cina, Rusia, Amerika Serikat, dan Jepang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement