Kamis 08 Mar 2012 14:04 WIB

Obama Janji Dukung Proses Transisi Libya

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.
Foto: Reuters
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama, pada Rabu (7/3), berjanji untuk memberikan dukungan secara terus-menerus dalam proses transisi dan pembangunan kembali Libya. Dalam petemuannya dengan Perdana Menteri Abdul Rahim Al-Keab di Gedung Putih, Obama juga memuji perdana menteri itu atas kepemimpinannya selama proses transisi demokrasi Libya.

Obama juga mengapresiasi apa yang dilakukan pemerintah Libya dalam membangun kembali negara itu. "Presiden AS mendukung Perdana Menteri Libya untuk melanjutkan rencana menggelar pemilihan umum pada Juni dan menekankan pentingnya transparansi dan melibatkan masyarakat sipil Libya seiring upaya pemerintah untuk mengembangkan institusi yang akuntabel," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Xinhua dan dipantau Antara, Kamis (8/3).

Kedua pemimpin juga membicarakan sejumlah masalah keamanan dan peningkatan kerja sama dalam manajemen perbatasan, keamanan persenjataan dan upaya menangkal terorisme di kawasan. Selama kunjungannya ke Washington, Al-Keab dijadwalkan bertemu dengan sejumlah pejabat tinggi AS.

Pemerintah transisi Libya, yang secara resmi memerintah pasca jatuhnya rezim Muamar Gaddafi pada November 2011, telah berjuang untuk memulihkan pelayanan sipil, mempertahankan hukum serta menertibkan kelompok bersenjata yang menolak untuk menyerahkan senjata mereka, setelah berhasil berjuang menggulingkan Qaddafi.

Pemerintah transisi juga menjanjikan pemilihan umum untuk rakyat Libya selambat-lambatnya delapan bulan sejak jatuhnya pemimpin yang telah berkuasa di negara kaya minyak itu selama 42 tahun. Komisi Pemilihan Umum Libya telah dibentuk pada Februari lalu dan akan mengurusi proses pemilihan umum pada Juni, yang diharapkan dalam menentukan anggota Majelis Nasional yang baru Libya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement