Kamis 08 Mar 2012 13:30 WIB

Iran: Jika Barat Terus Menekan, Perundingan Nuklir Bakal Gagal

Ali Larijani
Foto: Reuters/Michaela Rehle
Ali Larijani

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN -- Ketua Majelis (Parlemen) Iran, Ali Larijani, Rabu (7/3), mengatakan pembicaraan nuklir masa depan antara Iran dan negara besar dunia akan berakhir tanpa hasil produktif, jika Barat terus menekan Iran, demikian laporan media satelit Press TV.

"Jika mereka (Barat) berusaha melanjutkan jalur tindakan masa lalu mereka dan berusaha memaksakan konsesi di bawah tekanan, perundingan takkan memberikan hasil," kata Larijani sebagaimana dikutip Antara, Kamis (8/3).

Ketua parlemen Iran tersebut juga menyampaikan kembali bahwa Iran tak mengejar bom nuklir, kata laporan itu. Enam negara besar dunia yang dulu terlibat dalam pembicaraan nuklir Iran telah menerima baik tawaran Iran untuk menghidupkan kembali perundingan setelah berbulan-bulan macet, kata Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Catherine Ashton.

Ashton mengatakan, dia menerima surat pada Februari dari perunding nuklir Iran, Saeed Jalili, yang mengatakan Teheran ingin membuka kembali perundingan dengan enam negara besar. Negara-negara itu adalah Perancis, Inggris, Jerman, ditambah Cina, Rusia, dan Amerika Serikat.

"Kami berharap Iran sekarang akan memasuki proses mendasar dialog yang konstruktif yang akan menghasilkan kemajuan nyata dalam menyelesaikan keprihatinan lama masyarakat internasional tentang program nuklir," kata Ashton.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement