Jumat 09 Mar 2012 00:33 WIB

AS Pertimbangkan 3 Nama Saingi Sri Mulyani Jadi Pemimpin Bank Dunia

Mantan menkeu Sri Mulyani yang sekarang bertugas di Bank Dunia
Foto: Antara
Mantan menkeu Sri Mulyani yang sekarang bertugas di Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID,  WASHINGTON -- Amerika Serikat sedang mempertimbangkan tiga calon untuk memimpin Bank Dunia ketika presiden Robert Zoellick turun pada Juni, menurut orang yang dekat dengan bank. Pemerintahan Presiden Barack Obama sedang mempertimbangkan Senator AS John Kerry, duta besar untuk PBB Susan Rice dan ekonom Lawrence Summers untuk memimpin institusi 187 negara itu, sumber berbicara pada kondisi anonimitas, mengatakan kepada AFP, Kamis.

Bank Dunia menetapkan batas waktu 23 Maret untuk menerima pencalonan. Pemberi pinjaman pembangunan itu berencana memilih pengganti Zoellick pada 20 April, pada pertemuan musim semi Bank Dunia dan Dana Moneter Internasional di Washington.

Ketiga nama tersebut tentunya akan menjadi pesaing berat bagi Sri Mulyani. Mantan Menteri Keunagan Kabinet Indonesia bersatu ini sebelumnya dan hingga kini masih menempati posisi pertama dalam poling yang dilakukan di situs www.worldbankpresident.org. Sri Mulyani Indrawati menempati posisi pertama dengan 87 % dari 13.078 pemilih. 

Dalam perjanjian tak tertulis dalam pembentukan Bank Dunia dan IMF hampir tujuh dekade lalu, Amerika Serikat selalu menempatkan warga Amerika di jabatan tertinggi Bank Dunia dan Eropa telah memilih warga Eropa sebagai direktur pelaksana IMF.

Keributan untuk calon dari negara berkembang telah tumbuh lebih keras dalam beberapa pekan terakhir. China dan Brazil telah menyerukan proses pemilihan yang adil dan kompetitif, tetapi keduanya tidak mengajukan calon alternatif.

sumber : Antara/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement