Sabtu 10 Mar 2012 11:34 WIB

Digempur Roket Pesawat tanpa Awak AS, Puluhan Orang Tewas

Pesawat tanpa awak AS
Pesawat tanpa awak AS

REPUBLIKA.CO.ID, Pesawat tanpa awak AS menembakkan beberapa roket ke wilayah di provinsi al-Bayda, tenggara Yaman, menewaskan 20 orang. Di barat laut wilayah adat Pakistan 15 orang tewas akibat serangan serupa.

Seorang pejabat yang menolak namanya dipublikasikan menyatakan bahwa jumlah korban yang disebutkan di daerah Jabra, Propinsi al-Bayda Yaman itu berdasarkan laporan awal dari kawasan tersebut. Pejabat itu menambahkan bahwa lebih dari dua pesawat tanpa awak AS masih menyerang di tiga desa di luar al-Bayda.

Di Pakistan, sedikitnya 15 orang tewas dan tiga cedera di daerah Shaktoi, Waziristan Selatan, yang berbatasan dengan Afghanistan.

Sejumlah sumber menyatakan roket-roket ditembakkan dari pesawat tanpa AS yang menghantam kendaraan, dan roket lainnya menargetkan sebuah rumah. Puluhan orang kehilangan nyawa mereka dalam operasi serangan pesawat tanpa awak yang dikendalikan oleh Badan Intelijen Amerika Serikat (CIA) di Pakistan sejak awal 2012.

Washington mengklaim bahwa serangan udara tersebut untuk menghancurkan target-target milisi yang melintasi perbatasan Afghanistan, namun sumber lokal menyebutkan bahwa warga sipil menjadi korban utama dari serangan itu.

Rakyat Pakistan telah menggelar berbagai demonstrasi mengutuk pelanggaran Amerika Serikat terhadap kedaulatan Paksitan. 

 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement