Sabtu 10 Mar 2012 20:08 WIB

Bismillah, Tim Global March to Jerussalem Indonesia Bertolak ke Pakistan

Rep: indah wulandari/ Red: Heri Ruslan
Logo GMJ
Logo GMJ

REPUBLIKA.CO.ID,

JAKARTA -- Sebanyak 27 delegasi asal Indonesia dan tiga delegasi Filipina bertolak ke Karachi, Pakistan untuk mengikuti aksi “Global March to Jerusalem” (GMJ). Konvoi yang diorganisasi gerakan aktivis se-Asia itu akan menempuh jalur darat, sebelum akhirnya akan berkumpul bersama jutaan manusia di perbatasan Yordania pada 30 Maret 2012.

vi

Delegasi Indonesia terdiri dari dua aktiis dari VOP (Voice of Palestine), empat relawan MER-C sebagai Tim Medis, seorang mahasiswa, 16 aktivis dari AWG (Aqsa Working Group), jurnalis Republika,  Metro TV, dan TVOne.

Delegasi GMJ yang berangkat, Jumat (9/3), terbagi menjadi dua tim. Tim pertama sebanyak 11 orang (8 delegasi Indonesia dan 3 delegasi Filipina) bertolak ke Karachi Pakistan, pada pukul 17.40 WIB dengan menggunakan Qatar Airways. Sementara tim kedua sebanyak 19 orang juga telah bertolak ke Karachi (Pakistan) pada pukul 22.00.

Acara pelepasan delegasi GMJ yang digelar di kantor MER-C.  Ir Mujtahid Hashem, Direktur Eksekutif VOP, mengatakan,  delegasi yang berangkat hari ini adalah Tim pertama dari GMJ Indonesia. Tim-tim berikutnya akan menyusul dan bergabung dengan konvoi GMJ ini di Teheran, Istanbul, Beirut, dan juga Yordania. "Konvoi darat GMJ ini sangat penting karena dengannya kita dapat meraih dukungan dari setiap negara yang kita lewati," tambahnya.

Sementara itu, Ustadz Yakhsyallah Mansur dari Aqsha Working Group (AWG) menyampaikan pesan-pesannya kepada para aktifis GMJ, "Berangkatlah dengan bismillah, bersyukurlah telah terpilih menjadi mujahid pembela agama untuk kemanusiaan. Bergantunglah hanya kepada Allah dan serahkan hasil akhir kepada-NYA, karena jihad kalian telah terlaksana dengan persiapan dan keseluruhan proses perjalanan."

Dr Joserizal Jurnalis, SpOT mewakili MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) menambahkan bahwa imej yang telah dibangun zionis dengan sedemikian rupa harus dipatahkan. “GMJ adalah salah satu bagian penting dari usaha untuk mematahkan image tersebut," katanya ketika memberikan pesan terakhir di Kantor Pusat MER-C.

Di Pakistan sejumlah jadwal kegiatan konferensi pers dan kampanye GMJ sudah menanti, begitu juga di negara-negara berikutnya yang menjadi rute konvoi darat GMJ Asia yaitu Iran – Turki – Lebanon – Yordania

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement