Selasa 13 Mar 2012 17:03 WIB

Gelandangan Dijadikan Hotspots

Rep: Satya Festiani/ Red: Yeyen Rostiyani
The diagram shows a sample HotSpot setup.
Foto: mikrotik.com
The diagram shows a sample HotSpot setup.

REPUBLIKA.CO.ID, TEXAS - Divisi dari agen periklanan Inggris Bartle Bogle Hegarty (BBH) melakukan eksperimen dengan menggunakan 13 gelandangan di Austin, Texas sebagai wi-fi hotspots. Seperti yang dilansir dari BBC, mereka dilengkapi dengan perangkat 4G mifi.

Para pengguna layanan tersebut dipungut biaya dua dolar melalui Paypal untuk berinternet selama 15 menit. BBH menyebut proyek ini sebagai ‘beta test’ yang suatu saat dapat digunakan di skala yang lebih besar.

Eksperimen ini mengundang sejumlah protes dari berbagai pihak. Sebuah komentar di situs BBH menyebutnya sebagai proyek yang salah dan tidak tepat. Tweet dari seseorang menuduh proyek ini sebagai tipuan.

Salah seorang pengguna layanan komplain hotspots-nya sering keluar jalur. Namun, beberapa memuji ide proyek ini sangat insipiratif dan dapat membangun interaksi yang positif antara masyarakat dan gelandangan.

Blog milik BBH menggarisbawahi bahwa proyek mereka ini baik bagi para gelandangan. Para gelandangan yang menjadi hotspots itu pun mendapatkan uang atas usaha mereka. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement