Rabu 14 Mar 2012 07:04 WIB

Bahas Suriah, Utusan Cina Bertemu Ketua Liga Arab

Nabil al Araby
Nabil al Araby

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Asisten Menteri Luar Negeri Cina, Zhang Ming, yang juga utusan khusus pemerintah Cina, Selasa (13/3) mengadakan pembicaraan di Kairo dengan Ketua Liga Arab Nabil al-Arabi mengenai masalah-masalah Suriah dan regional lainnya.

Setelah satu setengah jam pembicaraan, Zhang mengatakan bahwa kedua pihak bertukar pandangan mengenai solusi politik atas krisis Suriah berdasarkan enam poin pernyataan Cina. "Cina dan Liga Arab memiliki konsensus yang luas pada krisis Suriah," kata Zhang, seperti diberitakan Xinhua dan dipantau Antara, Rabu (14/3).

Ia berharap kedua belah pihak dapat melakukan upaya lebih lanjut tentang isu-isu Suriah dan regional lainnya.

Zhang memulai lima hari kunjungannya ke Arab Saudi dan Mesir pada 10 Maret. Dia akan berangkat ke Perancis untuk diskusi lebih lanjut dengan Paris tentang Suriah setelah mengunjungi Mesir.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Liu Wei-Min mencatat sebelumnya bahwa kunjungan Zhang dimaksudkan untuk lebih memperkuat komunikasi dan negosiasi dengan pihak terkait mengenai resolusi politik untuk masalah Suriah.

Menurut Liu, enam butir pernyataan Cina menyerukan untuk menghentikan semua tindak kekerasan, meluncurkan dialog politik inklusif, mendukung upaya bantuan kemanusiaan, menghormati kedaulatan Suriah, menyambut penunjukan utusan khusus bersama atas krisis Suriah oleh PBB dan Liga Arab, serta memastikan bahwa anggota Dewan Keamanan PBB mematuhi tujuan dan prinsip Piagam PBB serta norma-norma dasar yang mengatur hubungan internasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement