Sabtu 17 Mar 2012 00:36 WIB

Harga MinyaK Global Melonjak Naik

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
Ekspor Minyak Iran
Foto: presstv
Ekspor Minyak Iran

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN-- Harga minyak global terus melonjak naIK. Hal ini dikarenakan, keputusan Iran untuk menghentikan penjualan minyak ke beberapa negara Eropa. “Minyak mentah Brent naik 55 persen menjadi USD 123,15 per barel, setelah jatuh USD 2 di sesi sebelumnya. Minyak mentah AS juga naik 49 persen menjadi USD 105,60,” menurut laporan Reuters, Jumat (16/3).

Padahal, sebelumnya pada Kamis (15/3) Harga minyak jatuh, menyusul laporan bahwa Inggris dan Amerika Serikat bersiap-siap untuk melepaskan cadangan minyak strategis mereka tahun ini. Laporan itu mengatakan bahwa, Inggris telah sepakat untuk bekerja sama dengan Amerika Serikat dalam memanfaatkan stok untuk menurunkan harga minyak, tetapi soal volume dan jadwal yang tepat belum ditentukan.

Sementara itu, setelah kenaikan harga minyak, harga bensin juga melonjak naik, baik di Inggris dan Amerika Serikat, sehingga memicu kemarahan di kalangan konsumen.

Menteri Minyak Iran mengumumkan pada 19 Februari lalu, bahwa mereka telah memotong penjualan minyak ke perusahaan Inggris dan Perancis. Teheran juga mengumumkan kemunginan akan menghentikan ekspor minyak ke negara-negara Eropa yang lebih.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement