Jumat 16 Mar 2012 20:33 WIB

Helikopter Turki Jatuh di Afghanistan, 14 Tewas

Rep: Amri Amrullah/ Red: Hafidz Muftisany
Helikopter Turki yang jatuh di Afghanistan
Foto: dawn.com
Helikopter Turki yang jatuh di Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL - Sebuah helikopter militer Turki jatuh dan menabrak sebuah rumah di dekat ibukota Afghanistan, Kabul, Jumat (16/3). Laporan resmi pemerintahan Turki dan Afghanistan, helikopter militer ini jatuh dan menewaskan 12 tentara Turki, dua orang turut tewas tertimpa bangkai pesawat.

Sebuah helikopter Sikorsky, sedang dalam misi bersama AS dan pasukan NATO, sebelum akhirnya jatuh di dekat Kabul. "Dua belas personil militer tewas," kata laporan militer Turki. Namun, pihak militer menegaskan tidak ada aksi serangan terhadap helikopter ketika kecelakaan terjadi.

Perdana Menteri Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan dua dari salah satu helikopter yang terbang pada Jumat, (16/3). "Tiba-tiba, satu helikopter di depan turun untuk alasan yang tidak diketahui," kata Erdogan. Ia juga mengatakan, seorang perwira tinggi dan bintara turut menjadi korban tewas.

Menteri Luar Negeri Turki, Ahmet Davutoglu kepada wartawan menjelaskan helikopter jatuh pada saat mencoba pendaratan darurat dan menghindari sebuah rumah.

Kementerian Dalam Negeri Afghanistan mengatakan dua orang yang tewas dari warga setempat adalah remaja putri, sedangkan seorang wanita dan seorang anak lain terluka. Pesawat itu jatuh di daerah Khail Hassian distrik Bagrami Kabul.

Kecelakaan itu merupakan yang paling mematikan di Afghanistan untuk pasukan NATO sejak Agustus, saat 30 tentara Amerika tewas ketika sebuah helikopter Chinook ditembak jatuh di provinsi Wardak di bagian tengah negara itu

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement