Rabu 21 Mar 2012 04:00 WIB

Rayakan Tahun Baru Persia, IranTatap Masa Depan

Rep: Agung Sasongko/ Red: Hafidz Muftisany
Ayatollah Ali Khamenei  dan Mahmoud Ahmadinejad
Foto: wordpress
Ayatollah Ali Khamenei dan Mahmoud Ahmadinejad

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN--Perayaan tahun baru kalender Persia dirayakan masyarakat Iran dengan tembakan meriam dari kapal kelas penghancur dan pidato pemimpin mereka yang menjanjikan perbaikan ekonomi.

Saat berpidato, pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Ali Khamenei menyatakan dunia barat akan merasa putus asa lantaran kesulitan menghadapi Iran. Sebabnya, selama 12 bulan ke depan, Iran akan meningkatkan produktifitasnya dengan memanfaatkan kemampuan dalam negeri.

"Selama itu pula, akan hadir kemajuan Iran dalam penelitian nuklir dan bidang lainnya," kata dia seperti dikutip alarabiya.net, Selasa (20/3).

Pernyataan Ayatollah itu seolah kembali menegaskan sikap Iran untuk tidak begitu saja tunduk dalam tekanan barat. Ayatollah juga mempertegas bahwa seberapapun tekanan yang diberikan tidak akan menghalangi kemajuan yang dicapai bangsa Iran dalam berbagai aspek semisal, ilmu pengetahuan, sosial, politik dan ekonomi.

"Apa yang terjadi dalam dunia Arab ternyata menguntungkan bangsa Iran dan menambah masalah bangsa barat. Kini, musuh nomor satu Iran, zionis Israel telah dikepung," kata Khamenei.

Secara terpisah, Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengatakan pemerintahnya sedang bekerja untuk meningkatkan perekonomian Iran dengan memperbesar produksi domestik bruto dan investasi. "Pemerintah saya berdiri bersama masyarakat Iran, entah di masa baik dan di buruk," katanya.

Tahun kalender Iran berjalan mulai pertengahan Maret setiap tahun. Pergantian tahun atau dalam bahasa Farsi disebut Nowrouz menandai transisi dari musim dingin ke musim semi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement