Rabu 21 Mar 2012 05:02 WIB

Israel Larang Model Kurus

Rep: Agung Sasongko/ Red: Dewi Mardiani
Model dengan tubuh super kurus
Foto: businessinsider.com
Model dengan tubuh super kurus

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV -- Israel kian gerah dengan banyaknya kasus gangguan makan pada kalangan muda yang berprofesi sebagai model. Sebagai bentuk respon terhadap masalah itu, pemerintah Israel akhirnya berhasil memberlakukan UU baru yang melarang model dengan berat badan 'minimalis' tampil dalam iklan.

Seperti dikutip alarabiya.net, Selasa (20/3), RUU itu akan menentukan apakah iklan yang menampilkan para model layak atau tidak ditampilkan pada publik. Apabila diketahui tidak memenuhi syarat karena model yang tampil tergolong memiliki berat badan kurang, maka iklan itu harus mengganti model.

Sebelumnya, larangan itu muncul untuk pertama kalinya saat industri fesyen dianggap pemerintah menjadi pihak yang bertanggung jawab terhadap menyebarnya tren mengurangi berat badan secara ekstrem. Sebabnya, UU ini boleh dibilang terobosan untuk menanggulangi masalah anoreksia dan bulimia yang banyak dialami kalangan muda di barat.

Pakar hukum, Dr Rachel Adato menyebut pertempuran melawan gangguan makan sama beratnya dalam  perjuangan melawan rokok. Sementara kritikus menilai lain. Mereka mengatakan UU seharusnya terfokus pada perlindungan model bukan berat badannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement