Selasa 20 Mar 2012 23:59 WIB

Iran Kini Jamin tak akan Tutup Selat Hormuz?

Selat Hormuz
Foto: AP
Selat Hormuz

REPUBLIKA.CO.ID, KUWAIT CITY - Dengan harapan menurunkan keprihatinan dan meringankan tekanan di pasar minyak, Iran dilaporkan telah berkata pada Kuwait tidak akan mencoba untuk menutup selat Hormuz. Kawasan itu ialah kunci dari lalu lintas 40 persen minyak dunia.

Penguasa Kuwait mengumumkan jaminan Iran terhadap sikap itu dalam kantor beritanya, Kuna, Selasa (20/3).

Setelah ancaman oleh Iran bahwa mereka bisa menutup saluran transit minyak transit paling penting di dunia, setelah pemerintah Barat menjatuhkan embargo minyak, emir Kuwait dan pemimpin Teluk lainnya telah berusaha mendapat jaminan bahwa Teheran tidak akan menindaklanjuti ancamannya.

"(Kami) telah menghubungi para pejabat di Iran untuk memastikan bahwa tidak ada tindakan untuk menutup Selat Hormuz," demikian ucap emir Kuwait dalan pernyataan versi Inggris kepada pers Jepang didistribusikan oleh kantor berita Kuwait KUNA.

"Kami telah menerima jaminan dari Iran bahwa mereka tidak akan mengambil langkah ini," kata Amir saat berkunjung ke Jepang, salah satu konsumen dan eksportir terbesar minyak Teluk.

Kuwait memproduksi 3 juta barel per hari dari ladang minyaknya. Seluruh kapal yang mengangkut minyak Kuwait semua melalui Selat Hormuz.

sumber : KUNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement