Kamis 22 Mar 2012 11:13 WIB

Iran tak Bakal Hentikan Program Nuklir

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Dewi Mardiani
El Baradei
Foto: wn.com
El Baradei

REPUBLIKA.CO.ID, TEHERAN-- Serangan militer terhadap Iran dapat menunda program energi nuklirnya, tetapi tidak akan pernah bisa berhenti selamanya. Hal itu diungkapkan oleh Mantan Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA), Mohammed El-Baradei.

"Anda dapat mengebom fasilitas nuklir mereka, tetapi Anda tidak bisa mengebom pengetahuan mereka," katanya di Hong Kong, menurut laporan Bloomberg, Rabu(21/3).

Mantan Kepala IAEA juga memperingatkan negara-negara Barat dan Israel bahwa jika Iran diserang atas program energi nuklirnya, negara itu dapat memilih untuk mengembangkan senjata nuklir untuk pencegahan.

ElBaradei lebih lanjut menyatakan bahwa negara-negara Barat juga sebenarnya perlu Iran untuk membantu menstabilkan  dan menangani daerah konflik di Irak, Afghanistan, dan Lebanon. "Keduanya saling membutuhkan . Saat ini, masing-masing pihak menunggu pihak lainnya untuk bicara pertama, tapi hal itu tidak akan terjadi, "katanya.

Retorika perang oleh Barat terhadap Iran memang semakin gencar. Terlebih pada hari Selasa (20/3), Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov, mengatakan kemungkinan serangan terhadap Iran atas program energi nuklir akan memiliki konsekuensi bencana karena dapat menyebabkan perlombaan senjata di kawasan Timur Tengah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement