Sabtu 24 Mar 2012 15:28 WIB

Serangan Pejuang Taliban Tewaskan Tiga Tentara Pakistan

Pejuang Taliban, Afghanistan
Pejuang Taliban, Afghanistan

REPUBLIKA.CO.ID, PESHAWAR -- Sedikitnya tiga tentara dilaporkan tewas setelah puluhan gerilyawan Taliban menyerang satu pos pemeriksaan di daerah suku Pakistan baratdaya dekat perbatasan Afghanistan.

Seorang perwira senior militer Pakistan mengatakan, serangan tersebut terjadi di satu pos pemeriksa paramiliter di daerah Khadizai di pinggiran Kalaya, kota utama di distrik Orakzai yang kacau.

"Tiga tentara tewas ketika Taliban yang bersenjatakan senapan-senapan dan roket-roket melancarkan serangan Jumat malam," kata dia. Dikatakannya, puluhan gerilyawan terlibat dalam serangan itu.

Seorang pejabat lainnya mengklaim pasukan Pakistan segera membalas serangan itu dan menewaskan lebih dari 10 pejuang Taliban. Tapi tidak ada konfirmasi independen dari jumlah korban yang di klaim pasukan Pakistan.

Khadizai terletak di Orakzai Hulu sebagian besar dikuasai Taliban dan ajang dari bentrokan-bentrokan senjata yang sering terjadi antara pasukan keamanan dan kelompok itu sementara pasukan pemerintah menguasai sebagian kecil daerah itu.

Tujuh distrik suku Pakistan dekat perbatasan Afghanistan dilanda pemberontakan dan juga adalah pangkalan Taliban dan para pendukung Al Qaida. Para gerilyawan Islam itu menewaskan lebih dari 4.900 orang di seluruh Pakistan sejak pasukan pemerintah menyerbu satu masjid kelompok garis keras di Islamabd Juli 2007.

sumber : AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement