Rabu 28 Mar 2012 13:05 WIB

AS Lanjutkan Perang di Afghanistan

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Hafidz Muftisany
Leon Panetta
Foto: Reuters
Leon Panetta

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Perang di Afghanistan terus berlanjut. Namun, berkurangnya dukungan publik terhadap perang di Afghanistan, tidak akan berdampak pada strategi perang AS.

Dengan mengacu pada jajak pendapat terbaru yang menunjukkan penurunan drastis dukungan publik untuk perang Afghanistan, Menteri Pertahanan AS Leon Panetta mengatakan, "Kami tidak bisa melawan perang dengan jajak pendapat. Jika kita melakukan itu, kita berada dalam kesulitan," AFP melaporkan, Selasa (27/3).

Jajak pendapat itu dilakukan terhadap 986 orang dewasa dari 21-25 Maret, oleh New York Times / CBS dan diterbitkan pada hari Senin (26/3).  Hasil jajak pendapat itu menunjukkan bahwa, sebanyak 69 persen orang Amerika beranggapan bahwa AS, harus menghentikan perang di Afghanistan.  Hasil jajak pendapat itu, naik 53 persen dari empat bulan lalu.

Namun, Penetta mengatakan, Washington akan melakukan apa yang ia percaya sebagai strategi terbaik untuk menyelesaikan misi mereka, yang telah dimulai dan tidak ada yang bisa mengubahnya.

Meskipun, ia juga mengakui bahwa, baik Amerika dan Afghanistan  telah merasakan kelelahan dalam konflik selama satu dekade ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement