Jumat 30 Mar 2012 05:49 WIB

Obama Didesak Jelaskan Soal Perisai Rudal

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.
Foto: Reuters
Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

REPUBLIKA.CO.ID, Ketua Kongres AS, John Boehner meminta Presiden Barack Obama menjelaskan ibarat lunak dan fleksibel terkait program perisai rudal.

 

Dalam suratnya kepada Gedung Putih, John Boehner mengaku tidak mengkritik Obama saat berada di luar negeri dan kini ketika presiden telah kembali dari lawatannya ke Korsel maka ia meminta Obama menjelaskan maksudnya kepada Rusia untuk lebih fleksibel dalam masalah program perisai rudal.

Obama selama berada di Korsel dan tidak menyadari bahwa mikrofonnya menyala kepada Medvedev, Presiden Rusia mengatakan bahwa pasca pilpres 2012 Moskow hendaknya lebih lunak dan fleksibel soal perisai rudal.

Presiden AS meminta Medvedev untuk membujuk Vladimir Putin, Presiden terpilih Rusia untuk memberinya waktu dan kesempatan.

Obama kemudian kepada wartawan mengatakan, masalah kontrol persenjataan adalah masalah yang rumit dan sepenuhnya masalah teknis. Menurutnya solusi tunggal yang mungkin berhasil adalah berdialog dan mencapai kesepakatan di antara negara-negara.

Menurut Obama, beberapa bulan sebelum pilpres dan parlemen di AS serta di saat Rusia baru saja menggelar pemilu merupakan saat yang tepat membicarakan masalah seperti ini. 

 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement