Jumat 30 Mar 2012 07:51 WIB

Italia Tuding Jerman-Prancis Jadi Biang Kerok Krisis Eropa

PM Italia Mario Monti
Foto: reuters
PM Italia Mario Monti

REPUBLIKA.CO.ID, Perdana Menteri Italia, Mario Monti menandaskan, Jerman dan Prancis tidak konsisten dengan konstitusi finansial Uni Eropa. Hal ini membuktikan bahwa mereka bertanggung jawab atas krisis utang di kawasan. 

Seperti dilaporkan Press TV, Monti menambahkan, hal ini berkaitan dengan tahun 2003 dan sejak itu hingga kini Eropa didera krisis finansial.

Perdana Menteri Italia juga mengatakan, realitanya adalah Jerman dan Prancis terkait defisit anggaran belanja dan krisis utang tidak khawatir serta tidak terlalu mempedulikannya.

Ia menekankan, meski usulan yang ada telah bergulir, sidang tingkat menteri Uni Eropa tidak memutuskan untuk memberi pelajaran kepada Prancis dan Jerman dan hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan.

Menurutnya, jika negara besar Zona Euro menginjak-injak peraturan maka tidak mungkin diharapkan negara seperti Yunani akan menghormati juga undang-undang ini.

Monti di akhir statemennya mengatakan, jika krisis utang zona Euro semakin parah maka kebijakan penghematan ekonomi juga tidak akan banyak manfaatnya. 

sumber : IRIB/PressTV/AR
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement