Jumat 30 Mar 2012 10:50 WIB

Media Korsel: Korut Uji Coba Rudal Jarak Pendek

Rudal Korea Utara (ilustrasi)
Foto: AP
Rudal Korea Utara (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL - Korea Utara menguji tembak dua rudal jarak pendek di lepas pantai barat pekan ini di tengah kegusaran internasional terhadap rencananya untuk peluncuran roket jarak jauh, kata surat kabar-surat kabar Korea Selatan Jumat (30/1).

Korea Utara menembakkan apa yang tampak seperti dua rudal KN-01 dari darat ke kapal dengan jarak hingga 120 kilometer (75 mil) pada Kamis pagi dari pangkalan rudal dekat pelabuhan barat Nampo, kata Chosun Ilbo.

Surat kabar itu mengutip seorang pejabat pemerintah Seoul  yang mengatakan, peluncuran tampaknya bertujuan untuk meningkatkan kinerja proyektil dan tidak terkait dengan peluncuran roket yang dijadwalkan bulan depan.

Surat kabar JoongAng Ilbo memuat laporan yang sama, tetapi mengatakan peluncuran itu dilakukan pada Rabu. Kementerian pertahanan Korea Selatan menolak mengonfirmasi laporan tersebut.

Negara komunis itu sering melakukan uji coba semacam untuk rudal jarak pendek, tetapi waktu mereka terkadang bertepatan dengan periode ketegangan.

Para pengamat mengatakan, pemimpin baru Kim Jong-Un telah berusaha untuk memoles identitas militernya dengan melakukan uji tembak rudal jarak pendek sejak kematian ayahnya, Kim Jong-Il.

Korea Utara dilaporkan melakukan uji tembak rudal jarak pendek di lepas pantai timurnya pada 19 Desember, hari yang sama mengumumkan kematian pemimpin mereka Kim Jong-Il.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement