Jumat 30 Mar 2012 12:59 WIB

Hari Ini Puncak Global March to Jerussalem Digelar

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Hafidz Muftisany
Logo GMJ Indonesia.
Foto: Dok MER-C
Logo GMJ Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN— Hari ini, Jumat (30/3) akan menjadi momen bersejarah bagi dunia internasional. Bertepatan dengan Hari Bumi Palestina, relawan dari 80 negara yang tergabung dalam Global March to Jerussalem (GMJ) berkumpul di Yordania untuk menggelar aksi damai menuntut Kemerdekaan Palestina. Termasuk GMJ Jalur Darat yang berangkat dari Karachi, Pakistan dan tiba di Amman, Yordania.

Menurut Ketua GMJ Indonesia, Bachtiar Nasir, seluruh delegasi Indonesia telah tiba di Amman. Jumlah mereka mencapai 300 orang dari berbagai organisasi massa dan LSM. Delegasi Indonesia akan bertemu di Gedung Persatuan Insinyur, Amman Yordania, tepat pukul 08.00 waktu setempat.

Reporter Republika Nashih Nashrullah melaporkan massa akan melakukan konvoi menuju area unjuk rasa. Ada dua lokasi yang sedianya dijadikan pusat aksi yaitu di Baptisme Area, dan Perbatasan Yordania-Palestina. Jarak tempuh ke perbatasan, sekitar 1,5 jam dari Pusat Kota Amman. Di perbatasan itu, para peserta yang ditaksir berjumlah jutaan akan melakukan longmarch di sekitar perbatasan.

Ia menambahkan, aksi hanya berupa penyampaian orasi dan sikap dari masing-masing negara. Presidium Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI), Marwah Dawud, akan tampil sebagai wakil Indonesia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement