Jumat 30 Mar 2012 18:02 WIB

Massa GMJ Padati Perbatasan Yordania-Palestina

Rep: Nashih Nashrullah/ Red: Dewi Mardiani
Peserta GMJ Rute 2 saat tiba di Bandara Amman, Yordania.
Foto: Dok MER-C
Peserta GMJ Rute 2 saat tiba di Bandara Amman, Yordania.

REPUBLIKA.CO.ID, BALQA -- Ribuan massa Global March to Jerusalem (GMJ) dari berbagai negara mulai berdatangan memadati kawasan Maghtas yang terletak di perbukitan Aghwar di Provinsi Balqa, Yordania, Jumat (30/3). Jarak area demonstrasi dengan wilayah Palestina sejauh 10 kilometer (km). Dari lokasi GMJ, tampak Tanah Palestina yang dipenuhi dengan padang pasir. Sedangkan jarak Maghtas dengan Jerussalem sekitar 40 km.

Salah satu Panitia GMJ Yordania, Sulaiman, mengatakan acara akan dimulai pukul 14.00 waktu setempat diawali dengan shalat berjamaah. Berbagai pengamanan telah diupayakan. Termasuk, kata dia, membuat pagar betis di sekitar panggung utama.  "Panggung akan kita jaga ketat," katanya

Berdasarkan pantauan Nashih Nashrullah dari Republika di lokasi, udara di lokasi cukup panas. Angin dan pergerakan massa membuat debu beterbangan. Sejumlah stasiun televisi dan media telah siap sedia meliput kerja akbar ini.

Di sekitar lokasi banyak pedagang menjual pernak-pernik terkait Palestina, mulai dari slayer, topi, dan peta. Penjual makanan dan minuman juga terlihat menjajakan dagangan mereka. Peserta datang dari berbagai kalangan. Ada pula para keluarga yang membawa anak-anak mereka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement