Ahad 01 Apr 2012 18:35 WIB

Menghina Raja, 12 Aktivis Yordania Ditangkap

Rep: Ani Nursalikah/ Red: Hafidz Muftisany
Protes Warga Yordania terhadap Pemerintah
Foto: www.msnbc.msn.com
Protes Warga Yordania terhadap Pemerintah

REPUBLIKA.CO.ID,  AMMAN -- Pasukan keamanan Yordania menahan 12 aktivis karena menghina Raja Abdullah II saat melakukan unjuk rasa, Sabtu (31/3).

Seorang polisi mengatakan, 12 aktivis yang terdiri dari 11 laki-laki dan seorang perempuan tersebut dimintai keterangan terkait aksi mereka yang mengganggu ketertiban umum. Dalam aksi unjuk rasa itu, para aktivis memblokir jalan di ibukota Amman tidak jauh dari kantor perdana menteri dan kantor diplomat asing.

Kedua belas aktivis tersebut merupakan bagian dari 100 pendemo. Mereka menuntut dibebaskannya 24 rekan mereka yang dituduh memicu kerusuhan di selatan Yordania awal bulan ini.

Selama 15 bulan terakhir, warga Yordania turun ke jalan menuntut perombakan dalam pemerintahan. Tidak seperti Mesir, Tunisia dan negara Arab lain, mereka melakukan protes dengan damai dan dalam skala kecil.

Dalam pernyataannya, polisi mengatakan pemerintah menghargai demonstrasi yang dilakukan dengan damai. Namun, polisi tidak segan-segan menindak massa jika melanggar hukum.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement