Senin 02 Apr 2012 17:09 WIB

Pengangguran di Italia Naik 9,3 Persen

Rep: Gita Amanda/ Red: Hafidz Muftisany
Pengangguran di Italia
Foto: eutimes.net
Pengangguran di Italia

REPUBLIKA.CO.ID, ROMA – Tingkat pengangguran di Italia mencapai angka tertinggi selama satu dekade terakhir. Pengangguran meningkat menjadi 9,3 persen pada Februari, tertinggi sejak kuartal pertama pada 2010 lalu.

Dalam rangka memerangi krisis dan mendorong ekonomi di Italia banyak perusahaan memangkas anggaran untuk berhemat. Hal ini menyebabkan banyak perusahaan akhirnya memberhentikan karyawannya sehingga menambah pengangguran di Negara tersebut.

Terhitung Februari 2012 ini, jumlah pengangguran di Italia meningkat hingga 9,3 persen. Kenaikan ini dianggap tertinggi sejak kuartal pertama pada 2010 yakni sebesar 9,1 persen. Pengangguran untuk usia antara 15-24 tahun meningkat dari 31  menjadi 31,9 persen.

Fiat SpA (F) Salah satu produsen terbesar Italia contohnya, mereja menutup salah satu pabrik tahun lalu sebagai bagian dari rencana pengurangan biaya dan peningkatan produktivitas. Hal ini terntu berimbas pada meningkatnya jumlah karyawan yang diberhentikan saat pabrik ditutup.

Saat ini Perdana Mentri Mario Monti sedang menjalankan program pemotongan belanja dan kenaikan pajak untuk menghilangkan defisit anggaran negara tahun depan. Program ini diharapkan dapat memperbaiki pasar tenaga kerja di Italia. Monti mengatakan perubahan akan menarik investasi dan menurunkan tingkat pengangguran

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement