Rabu 04 Apr 2012 06:19 WIB

Pertama Bagi Bank Dunia, Seleksi 3 Capresnya

Bank Dunia
Bank Dunia

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dewan Eksekutif Bank Dunia akan melakukan seleksi pada tiga kandidat presiden lembaga keuangan dunia ini, diawali Senin, pekan depan. Posisi yang biasanya dikuasai oleh wakil dari Amerika Serikat (AS) ini adalah untuk menggantikan Robert Zoellick yang mengundurkan diri, beberapa waktu lalu.

Pengumuman yang dikeluarkan Bank Dunia, Selasa (3/4) yang dilansir AFP dan dipantau Antara, Rabu (4/4) ini mencantumkan tiga calon, yaitu Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala (ekonom, 57 tahun), Jose Antonio Ocampo (profesor ekonomi di Columbia University, New York dan warga Kolumbia, 59 tahun), serta Jim Yong Kim (calon dari AS kelahiran Korea Selatan, 52 tahun, presiden Ivy League School Dartmouth College).

Waktu seleksi untuk masing-masing kandidat dilakukan secara berurutan tiap hari, pada 9-11 April 2012. Kali inilah yang pertama bagi Bank Dunia untuk menyeleksi calon kandidatnya yang mencapai tiga orang. Biasanya, posisi tersebut dikuasai oleh wakil dari AS. Sementara untuk Eropa biasanya menguasai posisi ketua Dana Moneter Internasional (IMF).

Kim memiliki catatan panjang dalam isu-isu kesehatan global, termasuk bekerja di Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melawan HIV/AIDS. Dewan eksekutif berusaha untuk memilih presiden berikutnya melalui konsensus sebelum 20 April, awal pertemuan musim semi Bank Dunia dengan IMF.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement