Jumat 06 Apr 2012 22:30 WIB

Miris, Bocah 10 Tahun Jadi Salah Satu Ibu Termuda di Dunia

Bayi yang dilahirkan oleh bocah berusia 10 tahun asal Kolombia ditempatkan di ruang perawatan rumah sakit.
Foto: dailymail.co.uk
Bayi yang dilahirkan oleh bocah berusia 10 tahun asal Kolombia ditempatkan di ruang perawatan rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA - Kehamilan di bawah umur bagi masyarakat tertentu bukanlah sesuatu. Seorang anak masih belia berusia 10 tahun asal Kolombia menjadi ibu termuda di dunia.

Bocah perempuan ini melahirkan bayi sehat di sebuah rumah sakit setelah kehamilan 39 pekan. Namun ini adalah kali pertama pra-remaja dari Kota Manaure mengunjungi dokter terkait dengan kehamilannya.

Identitas bocah tersebut hingga kini masih disembunyikan.  Informasi yang beredar hanya menyuebut ia adalah warga suku pribumi, Wayuu, yang berbasis di Semenanjung La Guajira, bagian utara negara itu.  Anak belia itu menjalani persalinan dengan operasi caesar.

Ibu muda tersebut dilaporkan tiba di rumah sakit karena perdarahan dan menangis keras karena rasa nyeri akibat kontraksi. Dokter memutuskan melakukan operasi karena usianya yang belia. Kini sang ibu sangat belia dikabarkan masih menolak menyusui bayinya.

Meski polisi Kolombia bisa menuntut ayah sang bayi  karena berhubungan badan dengan anak di bawah umur, konstitusi negara menjamin Wayuu mendapat sejumlah otonomi. Dalam hukum negeri itu mereka dimungkinkan untuk mempertahankan kedaulatan sendiri dan warisan budaya tertentu, termasuk melahirkan anak pada usia sangat muda.

Warga suku tetap tutup mulut mengenai identitas ayah bayi itu. Ada yang menyebut dia adalah bocah berusia 15 tahun, tapi yang lain menyebut pria dewasa berusia 30 tahun.

Kasus ini menuai kritik dari direktur rumah sakit tempat ia melahirkan. Efrain Pacheco Casadiego mengatakan kepada Radio La RCN, ini bukan kasus pertama bagi bocah dari suku Wayuu. "Saat mereka harusnya masih bermain dengan boneka, mereka harus mengurus bayi," katanya seperti diberitakan Daily Mail.

Namun bocah ini belum mengalahkan "rekor" Lina Medina asal Peru yang melahirkan hanya dua minggu setelah ulang tahun kelimanya. Kelahiran itu adalah berita besar pada 1933.

Medina, kini 78 tahun, tak pernah menyebut nama ayah bayinya. Para dokter yang merawat kasusnya mengatakan dia tidak bisa memberi tanggapan yang tepat ketika ditanya tentang bagaimana dia bisa hamil. Ayahnya ditangkap atas tuduhan pemerkosaan tapi dibebaskan karena tidak cukup bukti.

Dia melahirkan bayi laki-laki sehat setelah melakukan operasi caesar karena panggul terlalu kecil. Putranya, yang bernama Gerardo, dalam kondisi sehat saat dilahirkan tapi meninggal dunia pada usia 40 pada tahun 1979 akibat penyakit sumsum tulang.

sumber : Telegraph
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement