Jumat 06 Apr 2012 22:42 WIB

Di Tengah Kampanye, Lembaga Think Tank Capres AS Terancam Pailit

Rep: Reuters/ Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Newt Gingrich
Foto: scrapetv.com
Newt Gingrich

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Lembaga think tank kebijakan kesehatan bakal calon presiden Amerika Serikat, kubu Republik, Newt Gingrich mengajukan pailit. Berdasar laporan Atlanta Business Chronicle, lembaga bernama The Center for Health Transformation, itu memasukkan perlindungan bangkrut ke pengadilan berdasar Bab 7 UU Kepailitan.

Menurut pengajuan itu, organisasi berencana melikuidasi aset di seluruh kantor di Washington, Atlanta, dan St Louis. Liabilitas mereka diperkirakan hanya sebesar US$ 1-10 juta.

Melalui lembaga ini Gingrich terkenal memberikan nasihat kepada hipotek pinjaman raksasa Freddie Mac.  Sikap ini pula yang menyebabkan mantan anggota senat tersebut menerima banyak kritikan selama pencalonan presiden.

"Saya hanya berpikir kapan saja perusahaan bisa bangkrut, itu menyedihkan," kata Gingrich saat berkampanye di Magnolia. Dia kemudian mengambil contoh saingannya, Mitt Romney, yang mengundang kecaman berat awal tahun ini karena mengatakan, "Saya suka memecat orang."

Ia menyatakan kebangkrutan tak dikehendaki siapa saja. "Tidak seperti beberapa orang, saya tidak pernah menembak orang yang tengah bahagia dan saya tidak pernah senang ketika orang kehilangan pekerjaan mereka," kata Gingrich.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement