Selasa 10 Apr 2012 08:08 WIB

Pelayaran Napak Tilas Titanic

Kapal MS Balmoral akan napak tilas perlayaran nahas Titanic tahun lalu.
Foto: ABC
Kapal MS Balmoral akan napak tilas perlayaran nahas Titanic tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebuah pelayaran untuk napak tilas perjalanan nahas kapal Titanic seratus tahun lalu telah berangkat dari pelabuhan Southampton di Inggris. Kapal Titanic menabrak karang dalam pelayaran pertamanya dan tenggelam pada dinihari pada 15 April 1912, dan menewaskan lebih dari 1500 orang.

Kini kapal MS Balmoral berangkat dari Southampton untuk pelayaran yang akan mengikuti rute kapal yang nahas itu, 100 tahun kemudian.

Kapal Balmoral membawa 1309 orang penumpang, jumlah yang sama seperti yang berada di Titanic. Para penumpang berasal dari 28 negara dan termasuk 262 orang Australia.

Persiapan yang teliti telah dilakukan untuk memastikan perlayaran itu merupakan representasi yang otentik dari masa Titanic.

Sebuah ensemble lima orang dari Belgia akan memainkan kembali musik dari zaman itu dan memberikan penghormatan kepada band di kapal Titanic, yang terus main selama bencana berlangsung untuk membantu menenangkan para penumpang.

Menu makanan juga didasarkan pada makanan yang dihidangkan pada April 1912 itu. Banyak penumpang juga mengenakan kostum pada masa itu. Sejumlah sejarawan, pakar laut dan sanak-keluarga dari para korban Titanic yang selamat akan menyampaikan ceramah selama pelayaran melintas Atlantik itu.

Pelayaran itu diselenggarakan travel agent Inggris, Miles Morgan, yang mulai merencanakannya lima tahun lalu setelah seorang klien memberikan ide.

Morgan mengatakan, berbagai alasan mendorong orang untuk ikut dalam pelayaran ini. Ada yang ingin ikut ambil bagian dalam sejarah, ada yang ingin mencicipi makanan pada masa itu, atau bahkan ingin mengenakan kostum pada masa itu untuk menambah pengalaman.

Lainnya adalah orang-orang yang selalu antusias pada kisah Titanic yang telah mempelajari tentang kapal yang istimewa itu dan peristiwa-peristiwa seputarnya. Sebagian orang lagi karena begitu terkesan oleh Titanic setelah menonton filmnya John Cameron. Dan tentu saja, orang-orang yang kehilangan sanak-keluarga mereka dan melihat kesempatan ini sebagai cara untuk mengenang mereka.

Meski sudah seabad berlalu, Morgan mengatakan, minat terhadap Titanic tetap tinggi. Permintaan tiket juga sangat tinggi untuk kapal berikutnya, Azamara Journey, yang telah dicarter untuk pelayaran kedua, yang akan berangkat dari New York pada 10 April.

MS Balmoral dan Azamara Journey akan bertemu pada 14 April di lokasi tenggelamnya Titanic dan sebuah upacara peringatan akan diselenggarakan di kedua kapal.

Acara tersebut akan dimulai pada pukul 11:40 malam waktu setempat, ketika Titanic menabrak gunung es, dan berakhir pada pukul 2:20 pagi pada 15 April, tepat 100 tahun setelah kapal yang termashur itu mulai tenggelam ke dalam air.

sumber : www.radioaustralia.net.au
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement