Rabu 11 Apr 2012 08:32 WIB

Pertemuan India, Cina, Rusia Bahas Isu Global

Perundingan China-India (ilustrasi)
Foto: msn.com
Perundingan China-India (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- India, Cina, dan Rusia (IRC) akan meningkatkan kerja sama dalam pertemuan penting tiga pihak di Moskow, Jumat (13/4). Pertemuan itu akan membahas isu-isu regional, internasional, serta cara untuk memperdalam kerja sama di antara mereka.

"Tiga menteri luar negeri akan bertukar pandangan mengenai isu-isu regional dan global saat ini. Mereka juga akan meninjau kemajuan dari mekanisme yang ada, seperti juga untuk mengeksplorasi jalan baru bagi kerja sama dalam kerangka IRC," kata wakil dari Departemen Luar Negeri India, SM Krishna, seperti dilansir IRNA dan Antara, Rabu (11/4).

Sebelumnya, pertemuan ketiga pihak berlangsung di Wuhan, Cina pada 2010 dan Bengaluru pada 2009. Pertemuan kali ini adalah yang ketujuh kalinya. IRC dibentuk untuk menjalin kerja sama ketiga negara berkembang, sama seperti kelompok Brazil, Rusia, India, dan Cina (BRIC) yang juga bakal menggelar pertemuannya di New Delhi.

Pertemuan itu fokus membahas bantuan bencana, pertanian, dan kesehatan masyarakat, memperdalam komunikasi antara kalangan akademik, serta industri dan bisnis. IRC juga mempromosikan kerja sama multilateral dan hubungan internasional yang demokratis.

Krishna juga akan memimpin bersama pertemuan pada hari yang sama yang diselenggarakan untuk memperingati ulang tahun ke-65 pembentukan hubungan diplomatik antara India dan Uni Soviet/Federasi Rusia. Peringatan itu jatuh pada 13 April.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement