Jumat 13 Apr 2012 11:48 WIB

Bendera ASEAN Berkibar Perdana di Oslo

ASEAN (ilustrasi)
ASEAN (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Bendera ASEAN yang berdampingan dengan Merah Putih berkibar pertama kali di Oslo, Norwegia. Pengibaran bendera ini sebagai tindak lanjut ASEAN Foreign Ministers Retreat Meeting di Lombok, Januari 2011. Upacara pengibaran bendera ASEAN yang dilakukan di halaman kantor KBRI Oslo itu diselenggarakan bersama dengan perwakilan negara anggota ASEAN lain di Oslo.

Menurut Sekretaris Tiga KBRI Oslo, Dyah Kusumawardani, seperti dilansir Antara, Jumat (13/4), hingga saat ini, perwakilan ASEAN yang ada di Oslo di antaranya Kedutaan Besar Filipina, Kedutaan Besar Thailand, dan Kedutaan Besar Vietnam, juga menandai pengibaran bendera ASEAN di kantor perwakilannya berdampingan dengan bendera nasional.

Dalam sambutannya, Dubes RI Oslo, Esti Andayani, mengatakan bahwa keputusan mengibarkan bendera ASEAN berdampingan dengan bendera nasional menandai komitmen untuk menguatkan identitas ASEAN serta kebersamaan di antara negara anggota ASEAN. Hal ini merupakan langkah awal bagi terbentuknya ASEAN Community di tahun 2015, ujarnya.

Esti menambahkan, tidak kalah pentingnya, hal ini juga akan semakin mempererat kerja sama di antara dua organisasi regional, yaitu ASEAN dan the Nordic Council, terutama dengan kepemimpinan Norwegia pada Nordic Council of Ministers di tahun 2012.

Sementara Dirjen Urusan Regional dan Pembangunan Kemlu Norwegia, Aud Marit Wiig, menyampaikan pengibaran bendera ASEAN merupakan simbol politik penting. Menurutnya, simbol ini mewakili kerja sama lintas batas, sebagaimana diwujudkan antara lain dalam penanganan bencana.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement