Sabtu 14 Apr 2012 08:42 WIB

Merasa tak Didukung, Calon Kepala Bank Dunia dari Kolombia Mundur

Jose Antonio Ocampo
Foto: hindustantimes.com
Jose Antonio Ocampo

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOTA---Ekonom Kolombia, Jose Antonio Ocampo, mengundurkan diri dari pertarungan untuk memimpin Bank Dunia, menyebut prosesnya sebuah "political exercise" yang tidak terkait dengan kelayakan (prestasi) kandidat, media Kolombia melaporkan.

Mantan menteri keuangan Kolombia juga menyalahkan kurangnya dukungan resmi dari pemerintahnya sendiri, mengatakan itu telah menghambat kemampuannya untuk menggalang dukungan dari negara lain, menurut pernyataan yang diterbitkan oleh media Kolombia.

"Jelas bahwa ini tidak didasarkan pada kepatutan dari calon tetapi sebuah 'political exercise'," katanya dalam pernyataan, mengacu pada ekspektasi luas bahwa calon AS akan dipilih.

"Dalam ini saya dirugikan oleh kurangnya dukungan dari pemerintah saya sendiri dan bagaimana ini telah mencegah saya dari penggalangan dukungan politik bagipencalonan saya."

Ocampo, saat ini profesor di Columbia University di New York dan selalu dianggap sebagai kuda hitam dalam pertarunagn tiga kandidat, mengatakan ia akan memberikan dukungannya kepada Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala, yang kini penantang tunggal untuk kandidat AS, Jim Yong Kim.

Tetapi Kim, seorang dokter dan presiden universitas, diperkirakan dengan mudah mendapatkan pos tersebut minggu depan dengan dukungan besar dari pemegang saham terbesar Bank Dunia, Amerika Serikat, dan Jepang serta blok Eropa.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement