Ahad 15 Apr 2012 10:16 WIB

Iran Tolak Bertemu Empat Mata dengan AS di Istanbul

ilmuan nuklir Iran tengah mengembangkan reaktor fusi nuklir
ilmuan nuklir Iran tengah mengembangkan reaktor fusi nuklir

REPUBLIKA.CO.ID,ISTAMBUL -- Ketua perunding Iran, yang juga  Sekretaris Tertinggi Iran Dewan Keamanan Nasional, Saeed Jalili menolak permintaan Amerika Serikat untuk pertemuan bilateral di Istanbul, Turki, Sabtu.

Pernyataan itu datang dari pihak Iran tak lama setelah muncul berita bahwa Amerika Serikat ingin melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi Iran di Istanbul.

Lima anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa ditambah Jerman (P5 +1) memulai pembicaraan penting dengan Iran di Istanbul pada Sabtu, dengan harapan menangguhkan program kontroversial nuklir Iran.

Delegasi Amerika Serikat berpartisipasi dalam pembicaraan terbuka untuk pertemuan bilateral dengan mitra Iran, kata sumber-sumber Eropa.

Seorang diplomat Eropa yang ikut ambil bagian dalam pembicaraan di Istanbul mengatakan, "Amerika terbuka terhadap gagasan pertemuan dengan Iran."

"Semua negara telah menyatakan minatnya untuk melakukan pembicaraan bilateral," kata Michael Mann, juru bicara Kepala Urusan Luar Negeri Uni Eropa Catherine Ashton.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement