Ahad 15 Apr 2012 12:31 WIB

Sekutu Kuba Boikot KTT Amerika di Kolombia

Rep: Amri Amrullah/ Red: Djibril Muhammad
Upacara pembukaan KTT ke-6 Amerika di Cartagena, Kolombia.
Foto: Carolyn Kaster/AP
Upacara pembukaan KTT ke-6 Amerika di Cartagena, Kolombia.

REPUBLIKA.CO.ID, CARTAGENA - Negara-negara sekutu Kuba yang tergabung dalam Alianza Bolivariana para los Pueblos de Nuestra América atau Aliansi Bolivarian Amerika (ALBA) menyatakan akan memboikot pertemuan puncak negara-negara benua Amerika (KTT Amerika) di Cartagena, Kolombia.

Blok berhaluan kiri ALBA Amerika Latin dan Karibia mengutuk pengucilan Kuba ini, dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan di Cartagena, Ahad (15/4). "Kami telah memutuskan untuk tidak ambil bagian dalam America Summit 2012 jika Kuba tidak ada," dalam pernyataan Pers ALBA.

Negara ALBA dan Amerika Latin yang berhaluan sosialis menuduh Amerika Serikat (AS) telah melakukan intervensi dengan tidak mengundang Kuba dalam Organization of American States (OAS).

Presiden Ekuador yang beraliran sayap kiri, Rafael Correa mengatakan pengucilan Kuba oleh AS adalah sumber perpecahan KTT ke-6 America Summit. "Kami memastikan memboikot pertemuan puncak negara benua Amerika dalam America Summit," ujar Correa yang dilansir dari Reuters, Ahad (15/4).

AS dan Kanada menentang untuk mengundang Kuba dengan alasan Kuba tidak menjalankan pemerintahannya secara demokratis. Kuba dikeluarkan dari OAS tak lama setelah revolusi Fidel Castro 1959.

ALBA didirikan pada 2004 oleh Venezuela dan Kuba untuk melawan pengaruh AS di Amerika Latin. Dan sekarang anggota ALBA semakin menyebar termasuk Bolivia, Ekuador, Nikaragua dan pulau-pulau Karibia Dominika, Antigua dan Barbuda, dan St Vincent dan Grenadines.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement