Senin 16 Apr 2012 10:36 WIB

Penarikan Tentara AS di Afganistan, Beresiko Memunculkan 9/11 Kedua

Rep: Gita Amanda/ Red: Hazliansyah
Duta Besar Amerika untuk Afganistan, Ryan C rocker
Foto: Reuters
Duta Besar Amerika untuk Afganistan, Ryan C rocker

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON-- Duta Besar Amerika Serikat untuk Afganistan Ryan Crocker mengatakan penarikan pasukan AS di Afganistan akan memunculkan resiko terjadinya 9/11 kedua. Pernyataan tersebut muncul setelah terjadinya serangan pasukan Taliban di Ibukota Kabul.

Menurut Crocker, mengeluarkan pasukan AS dari Afganistan sebelum rakyat Afganistan memiliki pasukan keamanan yang kuat tak akan dilakukan oleh AS. Ia mengibaratkan tindakan tersebut sama saja mengundang Taliban untuk melakukan 9/11 kedua.

Komentar Crocker tersebut muncul menyusul serangan militan Taliban di Kabul yang menewaskan 19 militan dan menyebabkan 14 polisi serta sembilan warga sipil terluka.

“Serangan seperti itu yang menunjukkan mengapa kita perlu berada di sini (Afganistan),” kata Crocker seperti dilansir AP, Senin (16/4).

Rangkaian serangan 9/11 lalu yang menargetkan New York dan Washington DC telah menewaskan lebih dari 3000 orang. Para pejabat AS dengan cepat menuding peristiwa tersebut merupakan ulah al-Qaida. Hal tersebut kemudian membuat AS meluncurkan yang disebutnya Perang Terorisme.

Dengan dalih tersebut, AS mengobarkan perang di Irak dan Afganistan hingga merenggut lebih dari satu juta nyawa.

Ketidakamanan terus meningkat di Afganistan meski 130.000 pasukan AS telah hadir di sana. AS menjadwalkan penarikan pasukan untuk keamanan Angkatan Darat Afganistan akhir 2014 mendatang.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement