Selasa 17 Apr 2012 05:29 WIB

Ini Dia Bos Bank Dunia yang Baru

Jim Yong Kim
Foto: guardian.co.uk
Jim Yong Kim

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON---Bank Dunia memilih seorang dokter Amerika Serikat keturunan Korea, Jim Yong Kim, sebagai pemimpin berikutnya dalam sebuah keputusan yang mengejutkan, Senin (16/4) waktu setempat.

Dewan direktur Bank Dunia memilih Kim, seorang ahli kesehatan AS berusia 52 tahun dan seorang pendidik, daripada Menteri Keuangan Nigeria Ngozi Okonjo-Iweala, yang berargumentasi bahwa pemberi pinjaman besar itu perlu reorientasi di bawah seseorang dari dunia berkembang.

Kim yang saat ini merupakan presiden dari Ivy League University Dartmouth, akan menggantikan Presiden Robert Zoellick, mantan diplomat AS yang mengakhiri masa jabatan lima tahunnya pada Juni nanti.

Direksi Bank Dunia menyatakan "penghargaan yang mendalam" untuk Kim, Okonjo-Iweala dan calon ketiga, ekonom Kolombia Jose Antonio Ocampo yang menarik diri dari kompetisi ini pada Jumat. "Mereka para kandidat memperkaya diskusi tentang peran presiden dan arah masa depan Kelompok Bank Dunia," kata Bank dalam sebuah pernyataan.

"Para nominator akhir mendapat dukungan dari negara anggota yang berbeda, yang mencerminkan kaliber tinggi dari calon."

Namun demikian, ada sedikit keraguan tentang pilihan Kim, meskipun merubah pola bankir dan diplomat Amerika yang ditunjuk untuk memimpin bank pembangunan besar.

Berdasarkan perjanjian lama, Washington telah memilih kepala Bank Dunia sementara Eropa memegang kendali yang memimpin lembaga adiknya, Dana Moneter Internasional.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement