Rabu 18 Apr 2012 07:31 WIB

IMF: Kenaikan Pertumbuhan Global Rentan Krisis

IMF
Foto: www.topnews.in
IMF

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Dana Moneter Internasional (IMF), Selasa (17/4), menaikkan proyeksi pertumbuhan global tingkat tahunan sebesar 3,5 persen. Proyeksi ini bakal melaju cepat menjadi 4,1 persen pada 2013. Meski demikian, IMF memperingatkan prospek tersebut rentan krisis utang Eropa dan tingginya harga minyak.

Proyeksi itu mencerminkan sebuah kenaikan dari perkiraan Januari masing-masing 3,3 persen dan 4,0 persen. "Prospek untuk ekonomi global secara perlahan meningkat lagi tetapi masih sangat rapuh," kata IMF dalam sebuah laporan dua kali setahun yang dilansir AFP dan dipantau Antara, Rabu (18/4). IMF menaikkan estimasi pertumbuhan untuk ekonomi-ekonomi maju menjadi 1,4 persen untuk 2012.

Cina terus menjadi pendorong global. Negara berekonomi terbesar kedua dunia ini diperkirakan tumbuh sebesar 8,2 persen, sedikit lebih kuat dari yang diyakini sebelumnya. Sementara itu, proyeksi global membaik sejak Januari. Sebagian, kata IMF, karena kondisi keuangan global lebih baik dan berkurangnya kekhawatiran tentang krisis utang zona euro.

Rekonstruksi di Jepang dan Thailand, setelah terjadinya bencana alam, juga membantu mendorong pertumbuhan di Asia. "Kebijakan telah memainkan peran penting dalam perbaikan terakhir, tetapi berbagai masalah mendasar tetap tidak terselesaikan," kata IMF, yang dianggap sebagai sumber pinjaman dunia untuk negara-negara anggota yang bermasalah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement