Jumat 20 Apr 2012 10:20 WIB

Washington Tuding Cina Bantu Roket Korut

Roket Korea Utara
Foto: Bobby Yip/Reuters
Roket Korea Utara

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Menteri Pertahanan AS Leon Panetta, Kamis (19/4) menuduh Cina membantu peluncuran roket Korea Utara pekan lalu.

"Saya yakin ada bantuan dari pihak Cina. Saya tidak tahu bantuan itu apa, tetapi semua tahu seberapa jauh jangkauan roket itu," kata Panetta kepada Senat komisi angkatan bersenjata saat ditanya kemungkinan dukungan Cina terhadap program roket Korut lewat pertukaran teknologi dan perdagangan.

Negara tetangga terkuat Korea Utara (Korut) di Asia itu merupakan satu-satunya sekutu Pyongyang, dengan hubungan militer dan ekonomi yang dapat ditilik kembali dari sejarah komunis kedua negara itu.

Pada Rabu (18/4), Pyongyang mengatakan siap melakukan pembalasan atas kecaman kegagalan peluncuran roket negara itu. Tekanan barat kemungkinan akan memacu Korut meluncurkan uji coba roket yang ketiga.

Setelah peluncuran roket pekan lalu, yang diklaim AS sebagai upaya peluncuran misil jarak jauh, pemerintahan Obama menyatakan akan menghentikan bantuan pangan terhadap Korut.

Cina yang merupakan penyokong utama ekonomi dan diplomasi Pyongyang telah meminta diselenggarakan dialog dan komunikasi seiring dengan memuncaknya ketegangan internasional dengan Korut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement