Selasa 24 Apr 2012 13:55 WIB

Israel 'Bumi Hanguskan' Desa Suku Badui Palestina

Rep: Amri Amrullah/ Red: Karta Raharja Ucu
Pasukan Israel sedang menghancurkan rumah dan gedung di Desa Al-Araqib, Palestina.
Pasukan Israel sedang menghancurkan rumah dan gedung di Desa Al-Araqib, Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, NAJAF - Upaya merampas tanah warga Palestina terus dilakukan Israel. Teranyar, pasukan Israel menghancurkan sebuah desa Suku Badui, Al-Araqib, Palestina, menggunakan alat-alat berat, Senin (23/4) malam waktu setempat. Penghancuran terhadap Desa Al-Araqib tersebut adalah ke-37 kalinya dilakukan pasukan Israel.

Akibatnya, semua bangunan milik warga suku Badui rata dengan tanah, sehingga hanya tersisa sebuah masjid dan komplek pemakaman saja. Tapi, usai perobohan gedung dan bangunan, warga Palestina menyatakan bakal segera membangun kembali tempat tinggalnya.

Seorang pejabat politik Palestina dari Popular Front for the Liberation of Palestine (PFLP), Ayman Odeh yang menyaksikan pembongkaran itu meminta warga Palestina tidak meninggalkan desa. "Jika Pemerintah Israel mengetahui tekad rakyat Palestina untuk tinggal, mereka akan berpikir kembali untuk membongkarnya," katanya seperti dinukil dari Maannews.net.

Israel mengklaim Desa Al-Araqib, dan 34 desa Suku Badui lain di Najaf, dibangun di atas tanah milik Pemerintah Israel. Sedangkan warga Suku Baduin dari Desa Al-Araqib menegaskan, tanah mereka adalah tanah leluhur yang telah diwarisi dari generasi ke generasi.

Bukan kali ini saja pasukan Israel mencoba menggusur warga Palestina. Sebelumnya pada November 2011, Israel juga membuldoser empat rumah warga Palestina suku Badui. Pasukan Israel membuldoser bangunan dan mengusir 30 orang warga Desa Beit Hanena Al-Tahta, di Ramallah Selatan.

sumber : Maannews.net
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement