Rabu 25 Apr 2012 12:42 WIB

Tak Mau Kalah dengan India, Pakistan Uji Coba Rudal Nuklir

Rep: Amri Amrullah/ Red: Endah Hapsari
Rudal Shaheen
Foto: AFP
Rudal Shaheen

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD - Militer Pakistan mengumumkan kesuksesannya dalam uji coba peluncuran rudal balistik jarak menengah, yang memuat hulu ledak nuklir. Pihak militer Pakistan mengonfirmasi keberhasilan ini dalam sebuah pernyataan Rabu (25/4). 

 

Dalam berita yang dilansir dari Associated Press, militer Pakistan mengatakan rudal uji coba itu merupakan versi penyempurnaan dari rudal Shaheen 1. Rudal penyempurnaan dari Shaheen 1 tersebut diperkirakan memiliki jangkauan lebih panjang. 

Rudal Shaheen 1 generasi pertama memiliki jangkauan 750 kilometer. Namun, mereka tidak memberikan jangkauan tepat dari seberapa jauh rudal Shaheen 1A hasil penyempurnaan baru ini.

Peluncuran rudal ini sepertinya bagian dari unjuk kekuatan militer Pakistan. Beberapa hari sebelumnya tetangga Pakistan, India juga mengumumkan bahwa mereka telah berhasil melakukan uji coba peluncuran rudal jarak jauh berkemampuan nuklir. 

Militer India berhasil meluncurkan rudal Agni-V, yang memiliki jangkauan 5.000 kilometer. Dalam sejarah kedua negara, Pakistan dan India, terlibat tiga perang besar. Kedua negara mencapai kemerdekaan dari Kerajaan Inggris pada 1947 dan sempat pecah perang saudara. Sejak saat itu, militer kedua negara terus bersetegang hingga saat ini.

sumber : ap
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement