Senin 30 Apr 2012 13:33 WIB

Membelot, Dua Aktor Kuba Minta Suaka ke AS

REPUBLIKA.CO.ID, MIAMI - Pasangan pemenang penghargaan untuk film yang mereka bintangi menghilang dalam perjalanan ke Tribeca Film Festival. Belakangan, mereka muncul di Miami dan menyatakan akan mengajukan permohonan suaka politik di Amerika Serikat.

"Di Kuba, kami berbicara tentang hal itu, untuk tinggal di sini," kata aktor Javier Nunez Florian kepada America TeVe dalam wawancara yang ditayangkan Jumat malam. Ia muncul bersama aktris Anailin de la Rua.

Pada persinggahan di Miami pada penerbangan mereka hari Rabu dari Havana ke New York untuk Tribeca Film Festival, pasangan berusia 20 tahun ini menyelinap pergi dan melarikan diri ke rumah paman De la Rua di dalam kota.

"Kami ingin tinggal dan berjuang membantu orang tua kami (untuk meninggalkan Kuba)," kata Nunez Florian.

Dia menambahkan bahwa tinggal dan bekerja di Amerika telah menjadi "mimpi" mereka untuk waktu yang lama. "Kami siap melakukan setiap pekerjaan yang tersedia," kata Nunez Florian.

Pengacara Wilfredo Allen mengatakan pasangan ini akan mengajukan suaka politik kepada pemerintah Amerika Serikat dalam waktu 10 hari. Ia menyatakan mereka memiliki "kesempatan yang sangat tinggi" untuk disetujui. "Untuk mencari suaka politik tidak berarti mereka telah menjadi korban dari penganiayaan politis di Kuba," kata Allen, "Tapi mereka membelot."

Menurut pengacara itu, jika kembali ke Kuba, mereka dapat dianggap "pengkhianat" dan mungkin bisa mengalami penindasan oleh rezim komunis.

sumber : USA Today
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement