Rabu 02 May 2012 23:33 WIB

Wilders Desak Belanda Angkat Kaki dari Uni Eropa

Anggota parlemen Belanda yang dikenal sangat anti-Islam, Geert Wilders.
Foto: AP
Anggota parlemen Belanda yang dikenal sangat anti-Islam, Geert Wilders.

REPUBLIKA.CO.ID, Pimpinan partai kebebasan PVV Geert Wilders berpendapat, Belanda lebih baik menanggalkan keanggotaan Uni Eropa. Sebelumnya ia pernah menuntut agar Belanda melepaskan diri dari zona euro.

Intinya sama: karena negara yang meninggalkan zona euro berarti juga harus lepas dari keanggotaan Uni Eropa. Hal itu disampaikan dia ketika berpidato di New York dalam rangka mempromosikan bukunya 'Marked for Death.

"Belanda bisa jadi anggota Area Ekonomi Eropa (EEA) seperti Norwegia, atau menjadi anggota Asosiasi Perdagangan Eropa seperti Swiss. Jadi, walau tidak menjadi anggota Uni Eropa, Belanda tetap bisa mengambil keuntungan ekonomi dari Eropa. Dengan meninggalkan Uni Eropa dan zona euro, Belanda bisa menerapkan aturan sendiri, seperti aturan imigrasi," bebernya.

Menyambut pemilihan umum mendatang, Wilders masih mengedepankan 'kedaulatan nasional' sebagai tema kampanyenya. "Tanpa kedaulatan nasional kita tidak akan bisa mempertahankan identitas kita dan memerangi islamisasi," tandasnya.

sumber : ANP/AFP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement