Kamis 03 May 2012 15:54 WIB

Tsunami Jepang Hanyutkan Motor Harley ke Pantai Kanada

Rep: Amri Amrullah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Sebuah motor Harley Davidson sudah dalam kondisi berkarat diduga terbawa hanyut setelah terjadinya Tsunami Jepang tahun lalu. Motor ini menempuh perjalanan dari Jepang ke Kanada
Foto: AP Photo/CBC-Peter Mark, The Canadian Press
Sebuah motor Harley Davidson sudah dalam kondisi berkarat diduga terbawa hanyut setelah terjadinya Tsunami Jepang tahun lalu. Motor ini menempuh perjalanan dari Jepang ke Kanada

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO - Tsunami Jepang tahun lalu rupanya tidak hanya menghanyutkan bola kaki Jepang ke Alaska. Sebuah sepeda motor Harley-Davidson asal Jepang yang hanyut dan berlabuh kini ikut ditemukan di pantai barat Kanada.

Perjalanan liar Harley ini diberitakan oleh Media Jepang. Dimana sepeda motor ini telah menempuh jarak sejauh 4000 mil laut atau 6.400 kilometer dari laut Jepang hingga ke Kanada. 

Penemu Harley yang hanyut, Peter Mark mengatakan, bahwa ia tidak percaya benda berat seperti itu akan hanyut ribuan mil di Pasifik. Mark mengungkapkan ia menemukan Harley tersebut pada 18 April di Graham Island, di lepas pantai British Columbia.

"Sepeda motor itu berkarat dengan banyak korosi," kata Mark yang dilansir dari Associated Press, Rabu (2/5). Ketika dia melihat plat motor dengan bahasa Jepang, Mark bertanya-tanya apakah mungkin Harley ini hanyut karena tsunami Jepang setahun lalu. 

Sedangkan pemilik Harley, Ikuo Yokoyama mengaku, tsunami telah menerjang rumahnya di perfektur Miyagi dan menghanyutkan harley miliknya.

"Ini ajaib, bisa dipastikan itu milikku," kata Yokoyama di Nippon TV, Rabu (2/5). Ia sangat yakin dan mengenal motor Harley miliknya dari nomor plat kendaraan yang sudah mulai berkarat.

Selama tragedi tsunami pada 11 Maret 2011 lalu, Yokoyama telah kehilangan tiga anggota keluarganya. Dan sekarang ia tinggal di sebuah perumahan sementara yang dibangun  negara di perfektur Miyagi.

Sepeda motor adalah salah satu barang yang terhanyut akibat sapuan gelombang tsunami Jepang hingga pantai barat Amerika Utara. Pada bulan Maret, seorang pria Alaska menemukan bola kaki dan bola voli dari Jepang. Bola tersebut terindikasi sempat terbawa akibat tsunami, karena terdapat nama pemiliknya yang tertulis dengan bahasa kanji.

Rencananya sepeda motor itu akan dikirim kembali ke Jepang, dan dikembalikan kepada Yokoyama. Berbagai puing akibat tsunami Jepang diperkirakan awalnya berkumpul di laut di lepas pantai timur laut Jepang dan sejak itu tersebar di seluruh Pasifik. 

Pada bulan Februari, National Oceanic and Atmospheric Administration mengatakan arus kuat akan membawa banyak puing tsunami ke pantai barat Amerika. Beberapa wilayah pantai Alaska, Kanada, Washington dan Oregon akan terdapat banyak puing tsunami antara Maret 2013 dan 2014. 

Bulan lalu, Penjaga Pantai Amerika, US Coast Guard menembak dan menenggelamkan sebuah kapal nelayan di Teluk Alaska yang terombang-ambing dari Jepang setelah bencana tsunami. Pihak berwenang menganggap penenggelaman kapal itu untuk menghindari bahaya bagi pelayaran dan garis pantai Amerika.

 

sumber : Associated Press
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement