Jumat 04 May 2012 10:50 WIB

Menlu Jerman: Kita akan Hentikan Nuklir Iran

Guido Westerwelle
Foto: AP
Guido Westerwelle

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Jerman, Guido Westerwelle Kamis (3/5) berikrar bahwa masyarakat internasional akan memblokir Iran dari upaya membuat senjata nuklir, pada saat ia menekankan dukungan kuat Jerman kepada Israel.

"Program nuklir Iran saat ini merupakan bahaya yang sangat besar tidak hanya bagi Israel tetapi juga kawasan secara keseluruhan," kata Westerwelle dalam sebuah acara advokasi Yahudi di Washington.

"Kita tidak bisa dan tidak akan menerima senjata nuklir Iran. Kita perlu jaminan substantif dan dapat diverifikasi bahwa Iran tidak mengejar senjata nuklir." imbuhnya.

Barat khawatir Iran sedang berusaha mengembangkan bom atom di balik kedok program energi sipil, tetapi Teheran menegaskan bahwa program tersebut semata-mata untuk kepentingan damai.

Bulan lalu, apa yang disebut kelompok P5+1 - lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB ditambah Jerman - bertemu di Istanbul dengan para pejabat Iran untuk membahas masalah mereka, dengan pertemuan lanjutan ditetapkan di Baghdad pada 23 Mei.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement