Sabtu 05 May 2012 05:53 WIB

Boko Haram Datang, Seluruh Tahanan 'Terbang'

Kelompok Boko Haram (ilustrasi)
Kelompok Boko Haram (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MAIDUGURI---Boko Haram menyerang sebuah penjara di Nigeria timurlaut membunuh dua sipir dan membebaskan tahanan, kata polisi.

Seorang juru bicara kepolisian negara bagian Borno mengatakan, 23 tersangka ditangkap setelah serangan itu.

"Militan BH (Boko Haram) semula menyerang kantor polisi Banki namun mereka dipukul mundur... Mereka kemudian pergi ke Kumshe, sebuah kota berdekatan, dan menyerang penjara dengan membunuh dua aparat sebelum membebaskan semua tahanan," katanya.

Belum ada klaim tanggung jawab atas penyerbuan itu, namun Boko Haram di masa silam dituduh melakukan sejumlah serangan terhadap penjara.

Rabu, orang-orang bersenjata melemparkan peledak dan memberondongkan tembakan ke pasar ternak di kota terpencil Potiskum, Nigeria timurlaut, menewaskan sedikitnya 60 orang, kata seorang juru bicara gubernur negara bagian Yobe.

Moses Namiri, kepala kepolisian Yobe, mengatakan, Boko Haram dicurigai sebagai pelakunya karena penyerang juga menggunakan peledak dalam insiden di pasar tersebut.

Serangkaian serangan dalam beberapa hari ini, termasuk yang menewaskan 19 orang pada Ahad lalu membuyarkan harapan bahwa pengamanan ketat mengurangi secara berarti kemampuan kelompok militan itu.

Pasukan keamanan Nigeria membunuh tersangka dalang serangan itu terhadap umat Kristen, dalam penyerbuan di kota Kano, Nigeria utara, pada Selasa yang menyulut tembak-menembak selama beberapa jam.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement