Sabtu 05 May 2012 07:18 WIB

Jepang Bujuk Israel Lebih Bersahabat dengan Iran

Bendera Jepang
Foto: techgenie.com
Bendera Jepang

REPUBLIKA.CO.ID, Menteri Luar Negeri Jepang, Koichiro Gemba meminta Israel menunjukkan sikap lebih bersahabat terhadap Republilk Islam Iran.

Gemba yang berada di Israel sejak hari Selasa lalu bertemu dengan Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dan Menlu, Avigdor Lieberman serta mengadakan pembicaraan dengan petinggi rezim ilegal dan pada Rabu (2/5) melawat Tepi Barat untuk melakukan dialog dengan pejabat Palestina, demikian Fars News mengutip AFP.

Juru bicara Menlu Jepang, Masaru Sato menandaskan, Gemba mengatakan kepada Netanyahu bahwa Israel membutuhkan kesabaran lebih dalam menghadapi kasus program nuklir Iran. "Netanyahu menjawab bahwa Israel tidak mengharapkan perang dengan Republik Islam Iran," tandas Sato.

Gemba dalam pertemuannya dengan Liberman mengatakan, Israel harus menyeimbangkan statemennya dan tidak tergesa-gesa bertindak mengahadapi Tehran.

Di sisi lain, Lieberman mengatakan, Iran satu hari pun tidak menghentikan program nuklirnya dan terus memproduksi uranium yang diperkaya. "Israel menilai sanksi tidak akan berpengaruh pada Iran," ungkap Lieberman.

Kedua pihak juga membahas berbagai isu lain termasuk masalah perundingan damai antara Israel dan Palestina. 

sumber : IRIB/IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement