Senin 07 May 2012 12:09 WIB

Provokasi Korut, AS-Korsel Gelar Latihan Udara Terbesar

Latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan
Foto: usmilitary.about.com
Latihan militer bersama Amerika Serikat dan Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL --  Korea Selatan dan Amerika Serikat melaksanakan latihan udara besar-besaran bersama untuk mencegah provokasi Korea Utara di tengah tingginya ketegangan lintas perbatasan, kata para pejabat.

Latihan tahunan yang disebut "Max Thunder" itu akan digelar sampai 18 Mei dan tahun ini melibatkan sekitar 60 pesawat termasuk pesawat tempur, pesawat pengisian bahan bakar KC-135 dan pesawat pengintai AWACS, kata Angkatan Udara Korea Selatan dalam satu pernyataan.

Sekutu akan menampilkan kesiapan dan daya tembak udara bersama dalam situasi perang, katanya. Dia menambahkan Amerika Serikat dan Korea Selatan akan melatih pilot-pilot untuk "presisi serangan-serangan pada asal provokasi dari pihak musuh".

"Latihan tahun ini adalah yang terbesar dari jenisnya sejak Max Guntur dimulai pada 2008," kata seorang juru bicara angkatan udara kepada AFP.

Pyongyang biasa melancarkan kecaman keras terhadap latihan bersama tahunan Amerika Serikat dan Korea Selatan, namun belum secara fisik menanggapi mereka.

Seoul dan Washington mengatakan mereka hanya defensif. Korea Utara telah mengancam "perang suci" melawan Korea Selatan sebagai balasan atas anggapan penghinaan selama peringatan Pyongyang pada April untuk seratus tahun kelahiran pemimpin pendiri negara Kim Il-Sung, yang adalah kakek Kim Jong-Un, pemimpin sekarang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement