Senin 07 May 2012 22:07 WIB

Mengerikan! Korsel Sita Kapsul Berisi Bubuk Daging Bayi

Kapsul (ilustrasi)
Foto: winninglabs.com
Kapsul (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Praktek sadis dalam dunia medis yang dilakukan di Cina terungkap. Ribuan kapsul selundupan yang dilaporkan berisi bubuk daging kering manusia dari bayi meninggal disita oleh petugas bea cukai Korea Selatan, Senin (7/5).

Menurut laporan Associated Press, permintaan terhadap kapsul-kapsul itu sangat tinggi karena diyakini meningkatkan stamina dengan cepat dan dapat menyembuhkan setiap penyakit. Kenyataannya, mereka mengandung bakteri mematikan dan sangat berbahaya bagi kesehatan.

Petugas bea cukai mengatakan kapsul itu diproduksi dari wilayah Cina timur laut. Bahan bakunya dari bayi-bayi yang tubuhnya dicincang menjadi bagian-bagian kecil lalu dikeringkan di atas kompor sebelum ditumbuk menjadi bubuk. Petugas menolak menyebut siapa yang bertanggung jawab atas penyelundupan tersebut, mengacu pada friksi diplomatik dengan Beijing.

Sementara para pelaku mengaku mereka tak tahu menahu mengenai materi pembentuk atau proses pembuatan kapsu-kapsul tersebut. Mereka hanya diminta mengantarkan kepada pembeli.

Petugas mengatakan penduduk etnis Korea dari provinsi Jilin di timurlaut Cina, yang kini tinggal di Korea Selatan adalah para konsumen setiap kapsul tersebut. Kapsul itu kini disita dan diamankan petugas dan tak ada satupun yang ditahan karena jumlahnya kecil dan mereka tak dimaksudkan untuk djual.

Kemanan Cina menyatakan selama setahun berupaya mengungkap perdagangan ilegal ini. Namun Korea Selatan telah menjumpai 35 kasus percobaan penyelundupan sejak Agustus dan menyita 17 ribu kapsul. Penyelundup kerap kali menggunakan modus pengiriman lewat bagasi atau pos internasional.

sumber : AP
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement