Kamis 10 May 2012 08:03 WIB

Bank Terbesar Cina Akuisisi Bank Amerika

ICBC
ICBC

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Amerika Serikat membuka pasar perbankannya kepada ICBC, bank terbesar di Cina. Ini  merupakan pengambilalihan bank AS pertama kalinya oleh sebuah perusahaan yang dikendalikan negara Cina.

Hanya beberapa hari setelah pembicaraan ekonomi tingkat tinggi AS-Cina di Beijing, Federal Reserve menyetujui aplikasi dari Industrial and Commercial Bank China untuk membeli saham mayoritas di anak perusahaan Bank of East Asia di AS.

Transaksi ini akan membuat ICBC bank pertama yang dikendalikan pemerintah Cina mengakuisisi cabang bank ritel di Amerika Serikat.

ICBC telah menjadi paling agresif dari "empat besar" bank Cina dalam ekspansi di luar negeri. Menurut The Fed, bank ini memiliki total aset sekitar 2,5 triliun dolar AS.

Pihaknya akan m embeli hingga 80 persen unit AS dari Bank ofEast Asia yang berbasis di Hong Kong, yang mengoperasikan 13 kantor cabang di New York dan California.

Sebagai bagian dari kesepakatan ICBC dan dua perusahaan keuangan yang didukung negara akan diakui sebagai induk perusahaan bank, diatur sebagai bank-bank komersial AS.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement